Sea 1 Dinilai Bakal Raih Juara Lomba Desa

Minahasa, Identitasnews.id – Penilaian lomba desa di kabupaten Minahasa dihari ke-3 yang dilaksanakan didesa sea satu kecamatan Pineleng  (kamis 2/5 2019).

Tim yang dipimpin langsung oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)  Jeffry Sumendap Sajouw SH dan didampingi Camat Pineleng Jhonly Wua SH, berlangsung dengan baik.

Sajouw dalam sambutannya mengatakan bahwa lomba desa ini dilaksanakan pemkab Minahasa dalam rangka menjabarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI NOMOR 81 TAHUN 2015 Tentang Evaluasi  Perkembangan Desa dan Kelurahan untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa dan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing desa dan kelurahan melalui pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, diperlukan evaluasi.

Untuk itu Sajouw mengingatkan pentingnya setiap desa untuk menerapkan sistim pelaporan disetiap pelaksanaan kemajuan desa dalam bentuk “Profil desa” dalam pelaporan ini diperlukan aparat desa yang cerdas dan mempunyai kemampuan dibidang Teknologi IT.

Dan dirinya mengakui bahwa sesuai pelaporan Hukum Tua Okri Tombiling SH desa sea satu yang dihuni oleh 569 keluarga (kk) memiliki sumber daya manusia (SDM) diatas rata-rata dengan percepatan perekonomian dan pendidikan yang dapat dikatakan signifikan, membuat desa sea satu ini patut diperhitungkan oleh desa-desa lain yang ada dikabupaten Minahasa.

Hadir dalam acara tersebut ketua PKK desa Sea Satu Judith Sangande Sth yang juga sehari hari menjabat sebagai ketua BPMJ GMIM Karunia Sea Satu Wilayah Malalayang Kota.  (adv/ efraim lengkong)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *