Dalam Rangka HKN, BPJS Sulut dan Dinkes Minut Gelar Senam Sehat

Minut, identitasnews.id – BPJS kesehatan Sulut bersama Dinas kesehatan Minahasa utara gelar kegiatan Senam sehat prolanis wilayah kota manado, kota bitung dan kabupaten Minahasa utara dalam rangka merayakan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di halaman kantor bupati Minahasa utara, sabtu, 10/11/2018.

Sambutan Deputi Direksi wilayah Sulutenggo BPJS kesehatan melalui kepala BPJS kesehatan manado dr. Greisthy E. L. Borotoding menyampaikan senam sehat prolanis merupakan kegiatan dalam rangka memperingati HKN dan sebagai wujud optimalisasi kegiatan promotif preventiv terkait peningkatan kesehatan masyarakat melalui penerapan pola hidup sehat sejak dini.

“Prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif dilaksanakan secara integrasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, pemerintah daerah dan BPJS kesehatan dalam pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan yang efektif dan efisien.” papar Borotoding.

Selain itu, dia juga memaparkan saat ini di wilayah BPJS kesehatan wilayah manado terdapat 149 klub prolanis, beranggotakan 4.184 peserta : 1.216 penderita Diabetes melitus dan 2.968 peserta penderita hipertensi.

Kepala Dinas kesehatan Minahasa utara dr. Rina Widayati, M,Kes dalam wawancara dengan awak media mengimbau kepada masyarakat supaya menjaga kesehatan dan melaksanakan Gerakan masyarakat (Germas) pola hidup sehat.

“Saya mengimbau kepada masyarakat supaya dapat menjaga kesehatan dan melaksanakan Gerakan masyarakat (Germas) berpola hidup sehat, melakukan aktivitas fisik setiap hari kurang lebih 30 menit, makan buah dan sayur serta cek kesehatan serta berperilaku  sehat sehingga indonesia yang lebih sehat dapat kita capai bersama”. pungkas Widayati.

 

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan Piagam penghargaan tenaga kesehatan teladan :

1.Bidan Teladan Joice Silangen                  (PKM kolongan).

2.Perawat gigi teladan Jouke Aliks            (PKM kolongan).

3.Tenaga Gizi teladan Martje Manalip     (PKM Mubune).

4.Sanitarian teladan Albertin Masarang  (PKM Mubune).

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten 1 Minut Drs Rivino Dondokambey, Kompol Roy Tangkuman, kepala RSUD Walanda maramis dr. Alain Beyah, Pegawai kesehatan, petugas kesehatan minut serta peserta klub Polaris  wilayah Manado, Minut dan bitung. (eby)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *