Harga rica di tomohon melambung pidis

 

TOMOHON- Harga Bawang Rica Tomat (Barito) di Pasar Beriman Wilken Tomohon terpantau belum stabil. Terutama harga Rica (Cabai) yang masih mengalami kenaikan dari hari ke hari.

Bahkan, menurut pedagang, sempat menembus angka sembilan puluh ribuan rupiah per kilogram (Kg) pada Sabtu akhir pekan lalu. Kenaikan harga ini terjadi sejak awal Januari 2021.

“Ya, harga ricanya berubah-berubah. Dari hari Senin 64 ribu rupiah per Kg, naik lagi jadi 70 ribu rupiah per Kg dan sekarang jadi 76 ribu rupiah per Kg,” ujar Jo, pedagang asal Sangihe, saat diwawancarai di lokasi pasar, Rabu (10/3) 2021.

Bukan hanya kepada pembeli, lanjut dia, kenaikan harga ini juga sangat berpengaruh pada pedagang, karena berdampak pada pendapatan. “Jadi, biasa mereka (pembeli) membeli rica sebanyak satu kilogram, sekarang tinggal setengah atau seperempat kilogram,” ujarnya.

Sementara, Irma pedagang Barito lainnya mengungkapkan, sejumlah alasan mengapa harga cabai naik, yakni salah satunya faktor cuaca yang tak menentu. Sehingga, membuat tanaman cabai mati makanya stok berkurang. “Salah satu penyebab sehingga mahal, karena stok ricanya kurang,” bebernya.

Selain cabai rawit, lanjut dia, cabai kriting, tomat dan bawang merah juga mengalami kenaikan. “Cabai kriting dari yang biasa 20 ribu per Kg menjadi 40 ribu per Kg, Tomat dari 8 ribu per Kg menjadi 16 ribu per Kg, Bawang Merah dari harga normal 35 ribu per Kg menjadi 40 ribu per Kg,” pungkasnya.(echa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *