Warga Pulau Ruang Dapat Lahan Perkebunan, Disetujui Presiden Jokowi Usulan Gubernur Olly

Sulut, identitasnews.id – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey menyampaikan rencana relokasi warga Pulau Ruang, dalam kunjungan ke Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Jumat (03/05/2024),

Dia memastikan mereka akan disediakan rumah oleh Pemerintah sekaligus fasilitas pendukung lainnya di tempat relokasi.

Selain itu, Dondokambey pun berjanji akan memperjuangkan agar warga yang direlokasi juga mendapatkan lahan untuk berkebun.

Usulan terkait lahan perkebunan ini kemudian dikemukakan Olly Dondokambey kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas yang dilakukan secara daring, Jumat sore.

“Mohon karena diluar rumah mereka yang rusak, kebun mereka juga habis Pak. Kalau bisa ada tambahan lahan perkebunan bagi 301 keluarga (yang akan direlokasi) ini Pak,” tutur Gubernur Olly kepada Presiden.

Usulan tersebut langsung mendapat respon positif dari Presiden Jokowi.

“Apa yang disampaikan Pak Gubernur saya setuju, ada tambahan lahan pertanian dan perkebunan, saya kira ini penting sekali berkaitan dengan pekerjaan buat mereka,” tegas Presiden Jokowi.

Diketahui para pengungsi akan direlokasi pada tempat yang nyaman sebagaimana kehidupan mereka di pulau Ruang. Lokasinya juga akan disesuaikan dengan kultur, budaya masyarakat Kabupaten Kepulauan Sitaro. Kemudian mata pencaharian warga yang telah terbiasa bertani maupun melaut.

Dari penuturan Gubernur, ada dua daerah yang rencananya akan menjadi tempat relokasi, yakni Minahasa Utara (Likupang) dan Bolaang Mongondow Selatan (Tutuyan/Dumagin).(*/akm)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *