Sebanyak 259 Siswa Kelas 9 SMP Negeri 1 Langowan Mengikuti USASG

LANGOWAN, identitasnews.id – Kepala SMP Negeri 1 Langowan Jhonlie Koampa S.Pd, mengatakan sebanyak 259 siswa kelas 9, sedang mengikuti Ujian Sumatif Akhir Semester Genap (USASG) tahun pelajaran 2023-2024.

USASG digelar selama lima (5) hari mulai Senin – Jumat atau tanggal 15-19 April 2024.

USASG ini didasarkan pada keputusan Peratuan pemerintah nomor 57 tahun 2021 sebagaimana yang telah dirubah dalam peraturan pemerintah nomor 4 tahun 2022, peraturan pemerintah yang dirubah atas peraturan pemerintah nomor 57 tahun 2021 tentang standar nasional pendidikan dan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan, riset dan teknologi nomor 21 tahun 2022 tentang standar penilaian pendidikan.

Dikatakan Koampa para siswa peserta USASG, sebelumnya telah mengikuti persiapan diantaranya les tambahan.

” Mata pelajaran yang diujikan sama seperti pada Penilaian Tengah Semester (PTS) ,” ujarnya, Rabu (17/4/2024).

Lanjutnya, penilaian yang dilaksanakan di akhir semester ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan bahan evaluasi guru pengampu selama satu semester melaksanakan pembelajaran.
Hasil belajar dan perkembangan siswa tersebut kemudian disampaikan kepada orang tua (pembagian rapor).

Sedangkan untuk pengawas hanya dari guru kelas 9 SMP Negeri 1 Langowan. Selanjutnya sesuai aturan tiap ruangan terdiri dari 20 siswa sehingga berdasarkan aturan maka jumlah ruangan yang disiapkan sebanyak 13 ruangan.

” Dari awal semua siswa sudah siap menghadapi USASG. Mohon doa dan dukungan terutama para orang tua siswa supaya mereka bisa melalui USASG dengan hasil yang memuaskan,” pungkas Koampa.

Ditambahkannya, nilai rapor pada penilaian akhir semester terdiri dari nilai rapor aspek sikap, nilai rapor aspek pengetahuan dan nilai rapor aspek keterampilan, dimana masing-masing aspek memiliki rumus dalam menentukan nilai akhir.

” Yang pasti bahwa penentuan nilai akhir semester harus melalui beberapa syarat seperti yang sudah dijelaskan diatas,” pungkanya. (rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *